Cara Mengubah Akun WA Menjadi Akun Bisnis, dengan Mudah dan Praktis

cara mengubah akun wa menjadi akun bisnis

Ternyata cuma begini cara mengubah akun wa menjadi akun bisnis. Whatsapp bisnis ini memang sangat menguntungkan dan memudahkan penggunanya dalam mengelola bisnis.

Fitur fitur yang diberikan oleh whatsapp bisnis ini juga lebih bervariasi dan lebih menguntungkan untuk para pebisnis. Terdapat perbedaan yang mencolok dari kedua jenis whatsapp ini. Salah satu perbedaannya adalah di whatsapp bisnis, pengguna dapat lebih mudah membagikan katalog melalui fitur yang diberikan.

Tentu saja dengan adanya whatsapp bisnis ini akan memberikan banyak kemudahan untuk menghubungkan penjual dan pembeli bagi pengusaha yang berjualan produk baik barang maupun jasa.

Berikut ini cara yang bisa diikuti untuk mengubah akun whatsapp yang awalnya whatsapp biasa menjadi whatsapp bisnis.

1. Mencadangkan Pesan Whatsapp

Sebelum beralih dari akun whatsapp biasa menjadi whatsapp bisnis, ada baiknya untuk mencadangkan semua pesan melalui sistem penyimpanan awan. Pencadangan pesan ini bertujuan untuk menyimpan segala percakapan sehingga saat beralih ke whatsapp bisnis, semua pesan tetap masih bisa dibuka seperti semula.

Cara untuk mencadangkan pesan ini bisa dengan membuka ikon titik tiga pada whatsapp awal, lalu klik setelan pada pengguna android, untuk pengguna iphone bisa klik ikon gerigi yang merupakan menu pengaturan. Setelah menu pengaturan terbuka klik menu chat dan klik cadangkan chat lalu klik lagi cadangkan. Tunggu sampai proses pencadangan selesai.

Kenapa harus menunggu pencadangan selesai? Karena saat migrasi dari akun whatsapp biasa ke whatsapp bisnis nanti, percakapan akan hilang sepenuhnya saat masuk kembali ke whatsapp bisnis. Sehingga perlu adanya backup agar masih bisa membuka percakapan lama yang mungkin penting. Kecuali jika tidak ada aplikasi penting dan menghapus semua percakapan, pencadangan pesan ini tidak perlu dilakukan.

2. Mengunduh dan Membuka Whatsapp Bisnis

Setelah pencadangan selesai, langsung saja mengunduh aplikasi whatsapp bisnis melalui apps store dan tunggu sampai penginstalan selesai. Setelah berhasil terinstal buka aplikasi whatsapp bisnis tersebut.

Saat membuka aplikasi whatsapp bisnis, pada halaman awal akan terdapat ketentuan yang mengharuskan pengguna untuk menyetujui dan melanjutkan proses masuk aplikasi.

3. Masuk ke Whatsapp Bisnis

Setelah menyetujui persyaratan, whatsapp akan mengenali nomor yang pernah digunakan pada perangkat tersebut. Apabila nomor yang disarankan benar, klik tombol berwarna hijau. Jika tidak, bisa juga menggunakan nomor lain dengan memencet tombol berwarna abu-abu.

Setelah muncul pop up, klik saja lanjutkan dan ijinkan karena whatsapp hanya meminta izin untuk dapat mengakses gambar dan media dari perangkat.

Tahap selanjutnya akan muncul halaman yang meminta kode verifikasi ke nomor yang dipakai untuk masuk whatsapp bisnis. Periksa pesan yang masuk dari whatsapp, pesan tersebut berisi kode verifikasi yang berjumlah 6 digit.

Masukkan kode yang berjumlah 6 digit tersebut ke halaman verifikasi tadi, biasanya jika nomor yang dipakai di perangkat yang sama dengan perangkat untuk masuk whatsapp web, kode verifikasi akan langsung masuk ke halaman verifikasi tersebut.

4. Membuat Profil

Setelah nomor berhasil terverifikasi, akan muncul halaman yang menampilkan proses transfer file dari data yang ada di akun sebelumnya. Karena sudah disimpan di penyimpanan cloud, whatsapp akan secara otomatis mengembalikan lagi percakapan yang lama.

Selanjutnya akan diarahkan untuk melengkapi profil whatsapp dari nama, foto profil dan kategori bisnis yang sedang dijalankan. Setelah itu, whatsapp akan membimbing pengguna untuk melengkapi profil yang berkaitan dengan bisnis, seperti membuat katalog, pembuatan pesan otomatis, pembuatan pesan cepat, dan masih banyak lagi.

Mudah bukan cara mengubah akun WA menjadi akun bisnis jika mengikuti langkah yang diberikan di atas. Semoga bermanfaat dan berhasil memulai bisnis baru yang akan dikembangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top