5 Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot Tanpa Harus Menunggu Teknisi Beraksi

cara mengatasi wifi indihome lemot

Ada banyak trik dan cara mengatasi wifi indihome lemot. Siapa yang tidak kesal ketika sedang berselancar di dunia maya tapi macet karena terkendala jaringan internet yang tidak memadai.

Sudah banyak masyarakat di Indonesia yang berlangganan wifi indihome ini. Tidak jarang pengguna wifi dengan protokol internet manapun mengalami kendala yang salah satunya internet berjalan dengan lambat.

Karena ada banyak alasan dan kondisi yang bisa menjadi penyebab terhambatnya koneksi internet. Beberapa diantaranya mungkin cuaca yang mengganggu jaringan, operator pusat yang mengalami masalah, dan masih banyak lagi.

Namun, ada beberapa kendala yang masih bisa diatasi dengan mandiri tanpa menunggu bantuan dari pusat. Berikut ini cara mengatasi wifi indihome lemot yang bisa dilakukan secara mandiri.

1. Restart Modem atau Router Wifi Indihome

Modem ini merupakan perangkat yang digunakan untuk memancarkan wifi Indihome ke beberapa perangkat yang ingin digunakan untuk berselancar. Terkadang merestart modem wifi ini ampuh untuk mempercepat koneksi internet.

Dengan restart modem ini, sistem akan memulai ulang modem sehingga dapat menyegarkan perangkat agar bisa membuat koneksi lebih cepat. Cara restart modem ini cukup mudah, hanya mematikan button power lalu menghidupkan lagi modem dengan kembali klik power button.

2. Menggunakan Penguat Sinyal

Terkadang jaringan internet dapat berjalan cepat maupun lambat berdasarkan kondisi perangkat yang digunakan. Jarak perangkat yang tersambung dengan modem wifi juga mempengaruhi seberapa cepat koneksi internet tersebut. Karena semakin jauh koneksi maka akan semakin rendah jangkauan internet yang digapai.

Maka dari itu dengan adanya penguat sinyal ini akan sangat membantu dalam mempercepat jaringan internet yang dipakai. Penguat sinyal akan akan menerima jaringan dari modem wifi lalu memancarkan kembali jaringan tersebut sehingga jaringan akan lebih kuat untuk dikoneksikan.

3. Bersihkan Cache dari Browser yang Sering Digunakan

Membersihkan cache browser ini juga sangat berpengaruh dalam mempercepat kecepatan jaringan internet. Cache merupakan data informasi sementara yang dapat mempercepat penjelajahan website yang sebelumnya pernah dikunjungi.

Dengan membersihkan cache ini maka akan mengurangi penyimpanan yang kurang penting. Semakin bertambahnya ukuran ruang penyimpanan, maka semakin leluasa pula perangkat akan beroperasi.

Menghapus cache di browser dapat dilakukan dengan mengunjungi history penelusuran, setelah itu hapus history penelusuran. Akan muncul beberapa pilihan apa saja yang ingin dihapus dalam history tersebut, pastikan untuk checklist cache dan klik hapus.

4. Tempatkan Modem di Lokasi yang Strategis

Maksud dari lokasi yang strategis disini adalah lokasi modem yang dapat dijangkau seluruh ruangan yang ada. Mungkin bisa diletakkan di ruangan yang sering digunakan untuk berkumpul atau sering digunakan untuk mengakses jaringan tersebut.

Karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, semakin jauh perangkat yang terhubung dengan modem wifi semakin lemah pula sinyal yang akan didapatkan perangkat. Jadi, menempatkan modem wifi di tempat yang strategis ini dapat diterapkan karena tidak menyebabkan kerugian juga.

5. Tingkatkan Kecepatan Internet yang Dipakai

Kemungkinan internet berjalan dengan lambat bisa jadi karena paket internet yang dipilih tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa menggunakan paket internet yang sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan.

Coba untuk menggunakan paket internet yang berbeda dengan yang sebelumnya dipakai namun memiliki kecepatan internet lebih tinggi. Cara ini lumayan ampuh untuk memenuhi kepuasan pengguna dalam berselancar walaupun mengeluarkan biaya yang sedikit lebih tinggi daripada yang sebelumnya dipakai.

Nah, itulah cara mengatasi wifi indihome lemot saat digunakan. Beberapa solusi yang diberikan di atas bisa dipraktekkan untuk mempercepat koneksi internet wifi indihome.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top