Cara Mengumpulkan Tugas di Google Drive Melalup PC dan Smartphone

cara mengumpulkan tugas di google drive

Cara mengumpulkan tugas di google drive mungkin dianggap sulit bagi sebagian orang. Namun sebenarnya cara tersebut tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bahkan bisa terbilang sangat mudah jika mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Sistem online sudah menyentuh ke bermacam-macam bidang termasuk pendidikan, dimana kegiatan pendidikan sekarang bisa dilakukan secara online. Kegiatan perkuliahan misalnya, banyak yang diadakan secara online. Tugasnya pun sekarang bisa dikumpulkan dalam format digital.

Bukan hanya perkuliahan saja, oleh karena pandemi beberapa waktu yang lalu semua jenjang pendidikan menerapkan sistem online dan guru memberikan tugas yang harus dikumpulkan secara online via google drive.

Bagi para siswa atau mahasiswa yang masih bingung bagaimana cara mengumpulkan tugas di google drive, disini akan diberikan informasinya. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan tugas di google drive. 

Mengumpulkan Tugas di Google Drive Lewat PC / Laptop

Cara pertama yang akan disampaikan disini untuk mengumpulkan tugas di google drive adalah menggunakan PC / laptop. Tentunya untuk melakukan cara ini membutuhkan alat bantu berupa komputer PC atau laptop. 

Perlu diketahui bahwa cara ni memiliki keunggulan yaitu bisa langsung mengirim lebih dari 1 file tugas sekaligus tanpa ribet. Untuk langkah caranya akan dijelaskan berikut ini.

  • Jika guru / dosen sudah memberi link drive untuk mengumpulkan tugas tersebut, maka siswa atau mahasiswa tinggal klik link tersebut.

  • Nanti browser akan terbuka dan langsung diarahkan ke folder yang sudah dibuat tersebut.

  • Klik kanan pada di dalam folder tersebut kemudian pilih “Upload file”.

  • Setelah itu jendela file explorer akan terbuka, cari file tugas yang sudah dibuat sebelumnya kemudian klik “Open”.

  • Tunggu proses upload selesai dan tugas sudah berhasil dikumpulkan ke google drive yang sudah dibuat guru / dosen.

Mengumpulkan Tugas di Google Drive Lewat Smartphone

Jika siswa / mahasiswa tidak memiliki perangkat komputer PC / laptop, untuk mengumpulkan tugas di google drive juga bisa menggunakan perangkat smartphone.

Pada intinya langkah-langkahnya mirip dengan menggunakan PC / laptop. Bedanya disini tidak menggunakan browser tapi menggunakan aplikasi google drive itu sendiri yang sudah terinstal di smartphone.

Untuk langkah cara mengumpulkan tugas di google drive  menggunakan smartphone tidak sulit dilakukan, seperti berikut ini:

  • Pastikan aplikasi Google Drive sudah terinstal di smartphone, pastikan juga akun google sudah dalam posisi login.

  • Jika guru / dosen sudah memberikan link drive, tinggal klik saja link tersebut kemudian akan ada pop up untuk memilih akun google jika pada ponsel tersebut sudah login lebih dari 1 akun google.

  • Pilih akun google yang akan digunakan, kemudian langsung akan terbuka folder yang sudah dibagikan tersebut dalam aplikasi google drive.

  • Di kanan bawah klik tanda +, lalu pilih upload.

  • Disini file explorer hp akan terbuka dan cari file tugas yang akan dikumpulkan. Jadi pastikan file tugas yang akan dikumpulkan sudah disimpan di memory hp tersebut.

  • Tap file tersebut kemudian akan otomatis terupload file itu dalam folder tersebut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengumpulkan Tugas di Google Drive

Untuk kelancaran proses mengumpulkan tugas di google drive ada hal yang perlu diperhatikan. Yang paling penting adalah koneksi internet. Jadi pastikan ketika mengupload file tersebut, koneksi internet yang digunakan stabil.

Selain itu daya baterai perangkat juga perlu diperhatikan. Pastikan jangan sampai laptop / hp dalam kondisi lowbat.

Proses uploading akan menguras daya baterai yang cukup banyak, sehingga jika lowbatt bisa saja kehabisan daya di sebelum proses upload selesai. Hal itu menyebabkan file tugas tidak terupload dengan sempurna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top