Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Google Drive dengan Mudah

cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di google drive

Sebagai pengguna google drive mungkin ada kalanya untuk menghapus file berupa foto yang ada di dalam drive tersebut. Tujuan dari menghapus file file tersebut adalah tidak lain agar kapasitas penyimpanan tidak penuh. Ketika menghapus file tak jarang ada banyak file yang masih penting ikut terbuang. Lalu bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di google drive? 

Perlu diketahui bahwa google drive ini hanya menyiapkan sekitar 15 GB saja untuk menampung sejumlah file yang tersimpan pada drive ini. Oleh karena itu banyak orang yang menghapus file yang dirasa tidak penting lagi untuk disimpan. 

Bagi yang tidak sengaja dalam menghapus file dan file tersebut telah terhapus permanen, jangan panik, karena ada cara tersendiri untuk memulihkannya. Berikut ini cara  untuk mengembalikan foto yang telah terhapus permanen di google drive.

Apa Itu Google Drive 

Bagi yang belum tahu, google drive adalah suatu layanan yang berguna untuk menyimpan data bahkan file yang penting yang telah dikembangkan oleh google itu sendiri. Google drive ini telah dirilis pada tanggal 25 April tahun  2012. 

Google drive juga menawarkan “tempat aman untuk semua file,” memungkinkan pengguna mengunduh, menyimpan, serta mengunggah beragam jenis file, termasuk foto, video, dokumen, dan file penting lainnya. Pengaksesan ke Google Drive dapat dilakukan melalui akun Google pribadi atau akun Google Workspace untuk kebutuhan bisnis. Fitur pemulihan file dan folder yang dihapus juga tersedia di Google Drive, dengan batasan waktu tertentu.

Namun perlu diingat bahwa ada catatan tertentu, yaitu dapat memulihkan atau mengembalikan file yang sudah terhapus di google drive bisa dilakukan sebelum sampai 25 hari terhitung dari file itu masuk dalam sampah. Jika sudah lebih dari 25 hari, Google drive tidak lagi bisa untuk mengembalikan file tersebut dengan bermacam cara. Kecuali menerapkan kebijakan tertentu, contohnya Google Vault. 

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Google Drive Dengan Mudah

Cara mengembalikannya sebenarnya cukup mudah, hanya saja perlu ketelitian agar foto tersebut dapat kembali seperti sedia kala dan utuh. Utuh dalam artian file foto dapat dibuka tanpa error dan pecah. Berikut ini beberapa caranya: 

  • Langkah pertama yaitu bukalah Google drive: Langkah ini yaitu pengguna dapat masuk atau login pada Akun Google masing masing. Selanjutnya ketik link google drive dalam kolom pencarian pada browser (https://drive.google.com). Bagi yang menggunakan handphone, bisa langsung buka aplikasi google drive yang sudah terdownload atau terpasang pada masing masing ponsel. 

  • Kemudian klik menu trash: Setelah masuk pada halaman awal google drive, pengguna bisa memilih salah satu dari enam menu yang tersedia di layar awal pada bilah kiri layar. Pencet menu sampah atau trash, maka akan muncul beberapa file atau foto yang sudah dihapus pada bilah kanan layar. 

  • Pulihkan file yang sudah terhapus:  Setelah menemukan file yang akan dipulihkan, langkah selanjutnya adalah klik kanan  pada file itu kemudian pilih file dengan cara menahan beberapa detik  dan setelah itu klik kanan  pada file kemudian klik pulihkan. Bagi yang mengakses lewat smartphone bisa dengan cara menahan dan tap ikon titik tiga pada garis vertikal yang terletak pada kanan layar setelah itu pilih restore atau memulihkan. 

  • Temukan pada file Menu My Drive: File yang sudah di kembalikan dapat ditemukan pada menu my drive. Langsung saja bisa mengunduh file itu sebagai back up an di PC maupun dapat membiarkannya. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di google drive yang sudah di jelaskan secara lengkap. Ikuti langkah demi langkahnya agar foto dapat kembali seperti semual.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top