Cara Memperbarui Layanan Google Play Secara Manual dan Otomatis

cara memperbarui layanan google play

Google play ialah salah satu dari banyaknya jenis layanan google yang telah menyediakan berbagai aplikasi yang dapat diunduh. Namun sebagai sebuah layanan, tentu ada kalanya untuk dilakukan sebuah pembaharuan. Adapun cara memperbarui layanan google play ini cukup mudah untuk dilakukan.

Pembaharuan merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan untuk dapat meng update sebuah layanan maupun aplikasi yang digunakan. Hal ini bertujuan agar layanan tersebut dapat beroperasi dengan lebih maksimal dari versi yang sebelumnya.

Oleh karenanya, penting untuk memperbaharui aplikasi maupun layanan yang biasa digunakan dalam perangkat seluler. Untuk itu, berikut ini akan diuraikan terkait dengan cara yang dapat dilakukan untuk memperbarui layanan google play.

1. Update Manual Melalui Google Play Store

Adapun cara pertama yang dapat dilakukan untuk memperbarui layanan google play store adalah melalui google play store pada perangkat android. Untuk langkah yang dapat ditempuh, bisa simak uraian berikut ini:

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan yakni membuka aplikasi google play store pada perangkat android yang dimiliki.

  • Apabila sudah, ketikkan “layanan google play” pada kolom pencarian yang ada.

  • Apabila sudah menemukannya, silahkan klik opsi “update”.

  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengupdatean selesai dilakukan.

Namun perlu diingat bahwa, tidak semua tipe android dapat menerapkan cara ini. Selain itu, jika tidak ada tombol “update”, maka dapat diartikan bahwa, layanan google play yang dimiliki sudah dalam versi terbaru.

2. Update Manual Lewat APKPure

Selain menggunakan google play store, cara memperbarui layanan google play juga dapat dilakukan melalui APK Pure. APKpure merupakan salah satu jenis toko aplikasi mirip dengan play store yang menyediakan berbagai layanan.

Salah satu layanan tersebut yakni untuk mengunduh dan juga pembaharuan pada aplikasi yang ada pada android. Adapun langkah yang perlu diterapkan ketika akan mengupdate layanan google play melalui APKPure diantaranya:

  • Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan yakni buka APKPure pada mesin pencari.

  • Setelah APKPure terbuka, silahkan cari “Layanan Google Play”.

  • Klik tombol “unduh APK”.

  • Jika mendapati pop up mengenai peringatan pada browser, bisa langsung klik tombol “ok”.

  • Kemudian, tunggu hingga proses pembaharuan tersebut selesai.

  • Jika sudah, instal file APK layanan google play yang telah terunduh sebelumnya.

3. Aktifkan Opsi Update Secara Otomatis Melalui Google Play Store

Selain cara manual yang bisa dilakukan untuk memperbarui layanan google play, opsi ini juga dapat dijadikan sebagai pilihan. Biasanya, metode update secara otomatis ini berlaku pada Hp yang masih dalam kondisi default.

Namun jika smartphone pernah diubah pengaturannya, maka pengupdatean secara otomatis ini juga dapat diatur lagi. Adapun langkah yang bisa dilakukan yakni:

  • Buka aplikasi play store pada perangkat Android yang dimiliki.

  • Jika sudah, pilih opsi pengaturan atau setelan yang berada pada bagian kiri atas.

  • Kemudian, dilanjutkan dengan memilih dan aktifkan opsi “update otomatis”.

  • Silahkan pilih opsi update sistem. Ini terdiri dari dua pilihan yakni proses update semua jaringan termasuk data seluler, atau dapat memilih pula pada jaringan WiFi saja.

  • Jika sudah selesai memilih, itu artinya proses pengaktifan update secara otomatis berhasil dilakukan.

Itulah uraian terkait cara memperbarui layanan google play yang perlu dilakukan. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa, cara memperbarui ini dapat dilakukan dengan tiga cara yakni melalui APK Pure dan melalui google play store yang dapat dilakukan secara otomatis maupun manual.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top