Aplikasi Cek Barang Original, Selamat Tinggal Barang Palsu

aplikasi cek barang original

Kini sudah ada aplikasi cek barang original yang dapat digunakan untuk mengecek keaslian barang. Zaman sekarang memang kasus pemalsuan barang makin banyak dijumpai. Tidak sedikit orang yang mengkhawatirkan keaslian produk saat membeli barang. Apalagi jika berbelanja bukan di toko resmi.

Penampilan visual barang palsu biasanya sangat mirip dengan yang ori. Masyarakat harus waspada ketika hendak membeli barang. Aplikasi cek barang original berguna untuk memberi rasa aman kepada pembeli ketika berbelanja. Untuk menghindari mendapatkan barang palsu saat melakukan transaksi pembelian, cobalah aplikasi berikut ini:

1. Barcode Scanner

Sebagian pedagang menjual barang dengan menyerupai brand ternama dengan harga miring, tentu saja untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Yang dirugikan bukan hanya produsen merek yang barangnya ditiru, tetapi juga konsumen yang membeli barang tersebut. Kini sudah ada aplikasi Barcode Scanner yang mempunyai fitur komplit.

Aplikasi ini bisa mengetahui data melalui matrix dan kode QR. Dengan satu kali scan barcode kode QR menggunakan aplikasi ini, pengguna sudah bisa mengetahui informasi produk. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk membuat barcode bagi penjual online.

2. HiddenTag – Authenticity Verification & Shopping

Barang palsu biasanya mengabaikan faktor keamanan dan kesehatan. Hanya saja, secara fisik memang sangat mirip dengan versi yang asli. Aplikasi ini dapat melakukan scan HiddenTag pada kode produk, tidak bisa untuk kode barcode QR.

Hasil scan yang menyatakan barang palsu terdapat menu report yang bisa dipilih. Pengguna juga bisa menambahkan review pada barang tersebut. Namun aplikasi ini hanya bisa dilakukan pada kode HiddenTag yang mayoritas dimiliki oleh produk Korea.

3. BPOM Mobile

Aplikasi ini dapat diandalkan untuk mengecek keamanan produk obat, makanan, dan kosmetik. Caranya dengan melacak keaslian nomor izin BPOM yang tercantum pada barang tersebut. Bila nomor izin yang digunakan ternyata ditemukan palsu, maka bisa langsung mengajukan pengaduan melalui aplikasi.

Arahkan kamera pada kode QR atau barcode untuk melakukan scan barang. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, berikan izin pada kamera dan akses GPS. Akses GPS dibutuhkan untuk mengetahui lokasi ketika melakukan scan.

4. QR & Barcode Reader

Aplikasi ini bisa melakukan scan pada berbagai format kode barcode, antara lain QR, UPC, Aztec, EAN, Code 39, Matix, dan banyak lagi yang lainnya. Terdapat juga informasi produk yang diinginkan.

Dalam melakukan scan tidak harus melalui pemindaian kamera, bisa di-scam dari file gambar. Ada fitur senter yang berfungsi melakukan pemindaian di lokasi yang gelap. Untuk memindai kode berukuran kecil bisa menggunakan fitur zoom.

5. Barcode Scanner

Aplikasi ini tidak hanya bisa melakukan scan pada barcode saja. Bisa juga membaca informasi tersembunyi yang ada pada Data Matrix dan kode QR. Selain itu juga bisa memperoleh informasi hanya dengan sekali scan. Di aplikasi tidak terdapat iklan.

Apabila aplikasi ini terjadi masalah dan tidak dapat melakukan scan, pengguna dapat mengatasinya sendiri. Caranya yaitu dengan membuka menu Setting dan semua enable yang ada. Lakukan disable satu per satu untuk mengetahui bagian mana yang terkena bug.

Demikian sejumlah aplikasi cek barang original untuk mengetahui keaslian barang yang dibeli. Kini tak perlu khawatir apakah barang tersebut palsu, bisa dicek melalui ponsel. 

Aplikasi semacam ini dapat menguntungkan penjual. Karena pembeli menjadi yakin bahwa barang yang dijual asli sehingga tidak ragu untuk melakukan transaksi pada penjual tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top