Inilah Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon Paling Ampuh

cara memperbaiki remot tv yang tidak merespon

Ketika ingin menambah volume TV atau mengganti channel tetapi remot tidak bisa digunakan tentu ini sangat mengesalkan. Oleh karena itu penting untuk memahami cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon agar kendala tersebut teratasi.

Meskipun setiap TV disediakan tombol seperti yang ada di remote namun, menekan tombol langsung dari TV tidaklah praktis. Jika dapat memperbaiki remote dengan cepat tentu lebih baik, berikut cara yang dapat dilakukan.

1. Mengganti Baterai Perangkat Remot TV

Ketika remot TV tidak meneruskan sinyal dari tombol yang ditekan biasanya pengguna akan memukulkan remote ke benda lainnya. Padahal yang terjadi adalah baterai remote tersebut telah habis.

Maka apabila mengalami hal tersebut cobalah ganti baterainya dengan yang baru kemudian coba gunakan lagi. Jika pengguna tidak memiliki baterai baru bisa juga gunakan baterai pada benda lain misalnya jam dinding.

Apabila ternyata remot masih lancar digunakan barulah nanti beli baterai baru ketika sempat. Namun, jika remote masih tidak bisa dipakai artinya pengguna harus mencoba cara lainnya.

2. Bersihkan Bagian Besi Penghubung

Ketika cara pertama belum berhasil coba lepas baterainya kembali lalu cek pada bagian besi penghubungnya. Bisa saja bagian tersebut kotor atau justru telah mulai mengalami karat di beberapa bagian.

Jika penghubung memang telah berkarat tentu saja baterai baru pun sulit membantu remote untuk bisa memberi merespon. Pengguna bisa mulai bersihkan karat tersebut dengan menggunakan cairan khusus anti karat.

Lakukan pembersihan ini dengan perlahan dan gunakanlah tisu atau kapas yang telah diberi cairan tadi. Sebelum memasukkan baterainya kembali pastikanlah bahwa besi penghubung tersebut tidak basah.

3. Bersihkan Seluruh Tombol Remot TV

Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon berikutnya bisa dilakukan jika cara pertama gagal. Seperti perangkat lainnya yang jika kotor akan mengalami gangguan, remot TV pun juga demikian.

Ketika baterai sudah diganti baru tetapi remot tetap tidak bisa merespon tombol yang ditekan cara ini bisa dilakukan. Gunakanlah tisu yang sedikit basah untuk mengelap bagian tombol dengan pela-pelan.

Agar lebih mudah pengguna bisa membuka remot tersebut lalu mengambil keypad tombolnya saja. Setelah selesai diamkan agar keypad benar-benar kering lalu pasanglah kembali dan coba gunakan.

4. Perbaiki Sensor pada Remot TV

Terkadang bukan baterai atau tombolnya yang terganggu dan membuat remot gagal berfungsi. Bagian sensor juga terkadang terhalang debu atau benda kecil lainnya yang akhirnya membuat remot tidak merespon.

Cara membersihkannya yaitu dengan mengetuknya secara perlahan supaya debunya tidak lagi menghalangi sensor. Jika belum berhasil pengguna bisa melepas baut dan kemudian membuka remot untuk membersihkannya secara langsung. 

Usahakan ketika membersihkan tidak ada bagian yang bergeser dari posisinya karena mungkin bisa menyebabkan error. Setelah dirasa bersih tutup dan pasangkan bautnya kembali lalu coba gunakan remotenya.

5. Atur Ulang Setingan Remot TV

Alternatif terakhir jika remot TV masih belum bisa merespon adalah dengan mengatur ulang settingannya. Hal ini terutama diperlukan pada remot TV universal yaitu remote yang dapat dipakai semua merek TV.

Remot universal memang perlu untuk dilakukan pengaturan ulang beberapa waktu agar bisa berfungsi dengan baik. Cara settingnya pun bermacam-macam yakni bisa dengan kode remote, langkahnya yaitu. 

  • Tekan dan tahan tombol set tanpa dilepas kemudian tekan tombol warna merah yang merupakan tombol power sampai lampu indikator menyala.

  • Setelah itu lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut.

  • Tekan kode remot sesuai TV yang digunakan misalnya kode Polytron yaitu 214.

  • Setelah berhasil, lampu tadi akan mati dan remote sudah normal kembali.

Itulah cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon dengan cara paling  sederhana sampai setting ulang. Setelah berhasil berfungsi kembali simpanlah pada tempat yang baik agar tidak terinjak maupun terkena air.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top