5 Penyebab Layar HP Samsung Berubah Warna yang Sering Terjadi

penyebab layar hp samsung berubah warna

Kendala yang dialami pengguna Samsung salah satunya adalah layar yang biasa berubah warna misalnya menjadi kekuningan. Penyebab layar HP Samsung berubah warna yang sering disebutkan adalah karena jenis layar Amoled yang digunakan.

Tipe Amoled memang banyak kelebihannya namun, sering mengalami gangguan seperti perubahan warna. Meskipun demikian, tentu saja ada penyebab lain baik dari penggunaan maupun lainnya, berikut pembahasannya:

1. Memakai Mode Gelap

Penyebab layar HP Samsung berubah warna yang cukup sering terjadi adalah karena memakai mode gelap. Mode ini memang bagi beberapa pengguna terasa nyaman karena tidak terlalu terang.

Namun sayangnya mode ini memberikan dampak yaitu berubahnya warna layar karena penyesuaian mode tersebut. Mode gelap akan memaksa sistem untuk tetap menampilkan warna tetapi dalam cahaya yang lebih redup.

Jika pengguna tidak mengaktifkan mode tersebut namun layar perangkat menjadi gelap, maka kemungkinan pengguna mengaktifkannya tanpa sengaja. Untuk mengatasi perubahan warna karena hal yang satu ini lakukanlah langkah berikut.

  • Usap layar atas ke bawah, lalu geser layar ke arah kiri.

  • Pengguna akan melihat fitur layar gelap yang diaktifkan, untuk mematikannya tap tombol ke arah off.

2. Aktifnya Mode Cahaya Biru

Fitur lain yang juga bisa mempengaruhi perubahan warna layar yaitu mengaktifkan mode cahaya biru. Ketika fitur berupa cahaya biru tidak sengaja diaktifkan, maka layar HP akan menjadi kekuningan.

Nama filter yang satu ini memang cahaya biru namun warna yang dimunculkan memang kekuningan. Untuk mengatasinya pengguna bisa akses pengaturan dan matikan fitur berwarna mode cahaya biru.

3. Kesalahan pada Penyesuaian Warna 

Pada perangkat HP merek Samsung penggunanya memang bisa melakukan penyesuaian warna. Ketika penyesuaian tersebut kurang tepat maka warna yang tampil akan berubah dan terkadang membuat mata tidak nyaman.

Yang dapat  dilakukan oleh pengguna adalah melakukan penyesuaian kembali yaitu melalui pengaturan perangkat. Tekan opsi tampilan kemudian ke visibilitas dan pilih perintah penyesuaian warna perhatikan apakah perintah ini aktif.

Apabila aktif maka wajar jika warna layarnya berubah dan condong ke satu warna misalnya menjadi kemerahan. Untuk mengatasinya geser saja tombol aktivasinya ke arah nonaktif dan simpan.

4. Layar Bermasalah

Apabila beberapa fitur layar di atas ternyata tidak aktif maka kemungkinan lainnya adalah layarnya memang bermasalah. Masalah pada layar sebenarnya sangat beragam bisa dari LCD yang mungkin mengalami retak.

Keretakan pada layar LCD meskipun ringan tetap bisa mengakibatkan terjadinya perubahan pada warna layar. Selain karena mengalami retak, masalah layar juga bisa terjadi jika bagian tersebut pernah terkena air.

Untuk menyelesaikan hal yang satu ini cara yang paling tepat hanyalah dengan membawanya ke service center. Usahakan untuk membawanya ke tempat service yang resmi yaitu service center Samsung.

5. Kesalahan Service

Beberapa pengguna mungkin pernah mengalami ketika HP selesai service tiba-tiba warna layarnya justru jadi berbeda. Hal semacam ini bisa saja terjadi karena teknisi salah melakukan tindakan tertentu.

Ketika mengalaminya pengguna sangat disarankan untuk secepatnya membawanya kembali ke tempat service. Kejadian seperti ini sebaiknya tidak untuk coba diatasi sendiri dengan cara apapun termasuk hal yang dijelaskan di atas.

Hal tersebut penting diperhatikan karena yang paling mengetahui kondisi terakhir perangkat tersebut adalah teknisi terkait. Satu-satunya langkah yang paling tepat adalah dengan membiarkan teknisi tersebut mengecek kondisi layar perangkat.

Demikianlah 5 penyebab layar HP Samsung berubah warna yang paling sering terjadi pada berbagai tipe HP Samsung. Permasalah semacam ini tentu saja bisa dialami oleh HP merk lainnya juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top