Gratis! Inilah 5 Aplikasi PDF untuk Laptop yang Wajib Dimiliki

aplikasi pdf untuk laptop

Memiliki aplikasi PDF untuk laptop merupakan hal yang perlu dilakukan untuk dapat membaca file dengan jenis tersebut. Dokumen penting tentang pekerjaan atau tugas terkadang dikirimkan dalam bentuk PDF agar tidak mudah diubah dalam segi struktur dan tulisan.

File jenis ini juga bisa membuat hasil tulisan lebih rapi dan memiliki memori yang lebih kecil dibandingkan Word atau Excel. Biasanya, aplikasi PDF sudah terpasang pada perangkat Laptop saat baru dibeli, namun terkadang perlu dipasang sendiri. Berikut beberapa aplikasi PDF yang bisa digunakan:

1. Foxit Reader

Aplikasi PDF untuk Laptop pertama adalah Foxit Reader. Software ini tidak hanya bermanfaat untuk membaca file dalam bentuk PDF, tapi juga mampu untuk mengkonversi jenis file lain, seperti PowerPoint, Excel, ataupun Word menjadi format PDF.

Selain itu, Foxit Reader juga mampu mengubah hasil pindaian text menjadi PDF secara langsung. Fitur-fitur yang disediakan juga tidak kalah menarik, yaitu pengguna dapat melakukan penggabungan file menjadi file PDF yang baru dan juga membubuhkan tanda tangan digital pada dokumen tersebut.

2. Adobe Acrobat Reader

Siapa yang tidak mengetahui tentang aplikasi ini? Ya, Adobe Acrobat Reader memang menjadi salah satu aplikasi PDF yang sering digunakan pada Laptop sebagai pembaca file. Adobe sebagai developer software yang diperuntukkan untuk Laptop sudah menjadi perusahaan yang terpercaya akan kualitasnya.

Acrobat Reader memiliki berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan edit secara langsung pada file yang ingin diubah, seperti penyorotan text, tambahan komentar, dan lainnya. Aplikasi PDF ini dapat dihubungkan dengan Google Drive sehingga lebih mudah untuk menyimpan dan membagikan file.

3. Nitro Reader

Rekomendasi selanjutnya untuk aplikasi PDF bernama Nitro Reader. Aplikasi ini bisa digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya atau free access. Nitro Reader cocok digunakan pada laptop yang memiliki spesifikasi touchscreen karena memiliki mode yang mendukung teknologi tersebut.

Ketika menggunakan fitur layar sentuh, pengguna aplikasi ini tidak perlu repot scroll atau mengklik tombol ketika membaca isi dari file, karena bisa membalik halaman seperti membaca buku. Menggunakan Nitro Reader dapat membantu untuk menyoroti bagian tertentu pada isi file.

4. SumatraPDF

Aplikasi PDF kali ini memiliki nama yang unik, yaitu SumatraPDF. Software yang memiliki nama sama dengan salah satu pulau di Indonesia dapat digunakan secara gratis bahkan dapat mendukung jenis file selain PDF untuk dibaca. MOBI, FB2, dan EPUB merupakan contoh dari file lain tersebut.

Tampilan file yang dibuka pada SumatraPDF bisa dipilih sesuai dengan keinginan pengguna, seperti bentuk presentasi, buku, ataupun single page. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung penggunaan shortcut di keyboard untuk mempercepat proses pembukaan dan membaca file PDF.

5. Xodo PDF Reader & Editor

Rekomendasi yang terakhir untuk aplikasi PDF pada Laptop adalah Xodo PDF Reader & Editor. Aplikasi ini memiliki proses rendering yang cukup cepat ketika membuka file PDF yang ingin dibaca. Fitur-fitur yang diberikan oleh Xodo PDF Reader diantaranya pemberian tanda tangan dan melakukan pengeditan.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan untuk membuat dokumen file PDF berdasarkan data dari scan kamera. Untuk menghindari mata perih akibat terlalu lama terkena cahaya tersedia mode malam atau gelap yang bisa mengurangi paparan cahaya dari layar Laptop.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi PDF untuk Laptop yang bisa digunakan. Aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan secara gratis atau free. Pengguna dapat bebas memilih software mana yang sesuai dengan kebutuhan pembuatan dokumen PDF-nya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top