Cara Membuat Aplikasi di Playstore Gratis dan Cara Menguploadnya

cara membuat aplikasi di playstore gratis

Kini pengguna bisa menjadi developer yang berkontribusi di playstore dengan membuat aplikasi. Dalam hal ini pengguna bisa melakukan cara membuat aplikasi di playstore gratis untuk membuat aplikasi sendiri dan nanti kalau sudah jadi bisa diunggah ke playstore.

Selama ini mungkin kita hanya menjadi pengguna atau penikmat saja berbagai aplikasi yang ada di playstore. Ternyata kita juga bisa berkontribusi sebagai developer dan menciptakan aplikasi yang berguna bagi banyak orang. Dengan begitu pengguna bisa berkreasi sesuka hati dan membuat aplikasi sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Aplikasi di Playstore Gratis

Mungkin terdengar sangat rumit untuk membuat sebuah aplikasi karena dibutuhkan coding dan segala macam proses yang panjang. Padahal sebenarnya prosesnya tidak serumit itu, karena ada situs atau website yang bisa membantu untuk membuat aplikasi yang bisa diakses secara gratis. Nah berikut penjelasan caranya: 

1. Menggunakan Bantuan Situs IBuildapp

Yang pertama untuk membuat aplikasi gratis bisa menggunakan bantuan situs IBuildapp. Situs ini tentu bisa diakses secara gratis. Berikut rincian langkahnya yang bisa diikuti:

  • Buka browser dan akses situs https://ibuildapp.com.

  • Jika sudah berada pada halaman utama, langsung saja klik opsi Create an App.

  • Selanjutnya akan tertampil berbagai kategori pilihan jenis app yang akan dibuat. Bisa pilih salah satu dari kategori tersebut sesuai keinginan akan membuat aplikasi apa.

  • Jika sudah memilih salah satu, akan tertampil template aplikasi yang bisa dipilih, klik create.

  • Untuk melanjutkannya perlu sign up dulu. Jika sudah memiliki akun google yang aktif, klik saja Sign Up with Google.

  • Lakukan proses pembuatan akun sampai selesai, jika sudah otomatis akan tertampil halaman untuk mengatur aplikasi tersebut.

  • Jika semua pengaturan sudah diselesaikan, aplikasi tersebut akan tersedia di toko aplikasi iBuildApp dan selesai, aplikasi sudah berhasil dibuat.

2. Menggunakan Bantuan Situs Appery.io

Cara membuat aplikasi di playstore gratis selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan situs appery.io. Situs ini juga bisa diakses secara gratis. 

Dan yang menjadi keistimewaan dari situs ini adalah tersedia banyak plugin yang bisa dipilih. Situs ini juga mengkombinasikan pengembangan visual dan javascript.

3. Menggunakan Bantuan Situs MIT App Inventor

Alternatif cara selanjutnya untuk membuat aplikasi di playstore secara gratis adalah dengan menggunakan bantuan situs MIT App Inventor. Disini pengguna bisa membuat aplikasi baik untuk android maupun iphone. Situs ini sangat cocok bagi para pemula yang masih awal dalam membuat aplikasi. Hal itu dikarenakan tampilan situs ini sederhana dan mudah dipahami.

Cara Mengupload Aplikasi ke Playstore

Setelah aplikasi selesai dibuat, tentu perlu diupload ke playstore supaya bisa didownload dan digunakan oleh orang banyak. Nah berikut rincian langkah untuk mengupload aplikasi yang sudah selesai dibuat ke playstore:

  • Akses situs https://play.google.com/console/u/0/signup dan pilih jenis akun. Login dengan akun google yang aktif dan lakukan registrasi sampai selesai.

  • Lanjutkan dengan akses akun tersebut dan berikan persetujuan pada Developer Agreement.

  • Klik opsi Continue to Payment lalu pilih metode pembayaran. Lalu akan tertampil nominal yang harus dibayarkan sebagai syarat agar bisa mengupload aplikasi.

  • Jika sudah membayar, klik Create application yang ada pada dashboard.

  • Tempelkan link aplikasi yang sudah dibuat dengan bantuan situs tadi.

  • Pilih bahasa default dan isikan nama aplikasi tersebut. Nama ini nantinya yang akan tercantum pada playstore.

  • Klik Create dan akan ada formulir yang harus diisi terkait detail aplikasi tersebut.

  • Setelah selesai mengisi formulir tinggal klik Publish.

Nah itulah tadi penjelasan bagaimana cara membuat aplikasi di playstore gratis dan cara menguploadnya. Jadi sekarang pengguna bisa berkreasi sendiri untuk membuat aplikasi yang diinginkan dan berperan sebagai developer.

Buatlah aplikasi yang sekiranya berguna dan belum ada di playstore. Jadi aplikasi yang diciptakan tersebut nantinya bisa berkontribusi dan menolong banyak orang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top