Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta, Kreator Wajib Tahu!

cara upload video youtube bebas klaim hak cipta

Youtube merupakan salah satu platform yang digunakan untuk mengunggah video. Namun bagi pemilik video, biasanya ingin mengetahui bagaimana cara upload video youtube bebas klaim hak cipta.

Hak cipta merupakan salah satu permasalahan yang biasanya timbul saat melakukan proses upload video. Para content creator, tentu ingin mengetahui terkait dengan bagaimana cara yang perlu dilakukan agar bisa mengatasi hal tersebut.

Perlu diketahui bahwa, jika video yang akan diupload belum bebas hak cipta, maka video tersebut besar kemungkinannya akan di take down oleh pihak youtube. Tentunya, hal ini akan merugikan bagi content creator.

Oleh karenanya, kali ini akan dibahas seputar bagaimana cara upload video yang bebas klaim hak cipta untuk youtube. Berikut diantaranya:

1. Tidak Perlu Memasukkan Brand yang Komersil

Jika dalam video yang diupload mengandung salah satu brand, maka ini termasuk salah satu hal utama yang bisa menyebabkan video yang akan diunggah tersebut melanggar hak cipta. Apalagi jika brand tersebut merupakan salah satu bagian dari brand komersial.

Seperti yang diketahui bahwa, sebuah brand komersil tidak akan memberikan sebuah izin baik dalam penyebutan ataupun kenampakannya. Oleh karenanya, sebaiknya hindari untuk memasukan brand komersial atau bisa dilakukan sensor secara maksimal.

2. Mengupload Video yang Original

Perlu diketahui bahwa, syarat utama agar video dapat bebas klaim hak cipta adalah dengan mengupload video yang original. Video original yang dimaksud adalah isi dari video tersebut tidak memiliki unsur yang sama dengan video milik orang lain.

Adapun untuk dapat menghasilkan video yang original, maka content creator harus benar benar memiliki ide yang cukup matang terhadap video yang akan dibuatnya. Sehingga video yang didapatkan tidak menjiplak sedikitpun dari video lainnya.

3. Menggunakan Beberapa Software Edit Video

Dengan menggunakan beberapa software untuk edit video yang akan diupload di youtube, tentu dapat membantu dalam klaim hak cipta. Hal ini dikarenakan, jika video yang akan diunggah sudah diedit, maka otomatis akan bebas dari copyright.

Oleh karenanya, jika sedang melakukan edit video yang digunakan untuk youtube sebaiknya menggunakan beberapa software. Hal ini bisa dibagi baik itu untuk pemberian watermark, edit suara, penambahan subtitle dan sebagainya.

4. Tidak Melakukan Reupload Video

Cara upload video youtube bebas klaim hak cipta yang selanjutnya yakni tidak melakukan reupload. Reupload merupakan salah satu kegiatan mengunggah ulang video milik orang lain. Hal ini bisa dimaksudkan sebuah kegiatan mencuri ataupun mengambil video milik orang lain untuk diunggah ke akun youtube milik pribadi.

Jika melakukan hal ini, tentu sudah merupakan sebuah tindak pencurian. Oleh karenanya, sudah dapat dipastikan bahwa jika melakukan hal ini maka akan terkena klaim hak cipta.

5. Menghindari Hak Cipta Video Lainnya

Seperti pada umumnya jika setiap video yang diupload ke youtube, sudah pasti memiliki hak cipta. Apalagi jika video tersebut berasal dari chanel besar dan juga resmi. Perlu diketahui bahwa, klaim hak cipta ini dibuat agar dapat menghindari plagiasi video.

Oleh karenanya, agar aman dari klaim hak cipta sebaiknya upload hasil karya sendiri. Sehingga hal yang harus dihindari dalam hal ini adalah terkait dengan copyright paten yang dimiliki oleh video orang lain.

Itulah berbagai cara upload video youtube bebas klaim hak cipta yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga praktis tentunya. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa, hak cipta merupakan salah satu hal penting yang tentunya harus diperhatikan ketika akan melakukan upload sebuah video ke channel youtube.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top