Ketahui Kegunaan Google Sites Beserta Cara Menggunakannya

Kegunaan Google Sites

Kegunaan Google Sites ini memang sangatlah banyak, terutama untuk beberapa kepentingan proyek tim atau event-event dan berbagai kepentingan lainnya.

Yang pasti Google Sites ini memang dibuat untuk membantu dalam pembuatan website secara instan dan mudah dipelajari tanpa menggunakan ilmu pemrograman yang tentunya tidak bisa dipelajari secara instan oleh orang orang yang masih awam.

Google sites ini memiliki cara kerja yang mirip dengan CMS, WordPress dan juga Blogger yang memang mudah digunakan dan dipelajari serta diaplikasikan.

Kemajuan TIK atau teknologi informasi dan komunikasi saat ini memang sudah banyak memberikan manfaat terutama dalam pengembangan beberapa platform yang bisa mudah dimanfaatkan oleh masyarakat umum seperti Google sites ini.

Apa itu Google Sites?

Google sites ini merupakan layanan website yang diciptakan oleh Google yang dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan website baik untuk kepentingan pribadi maupun profesional.

Dengan kemudahan yang diberikan tersebut, Google Sites tidak memungut biaya dalam pembuatan website yang termasuk dalam layanannya alias gratis.

Nah, jika biasanya website bisa diciptakan dengan bahasa HTML, CSS, PHP atau bahasa pemrograman lainnya dimana bahasa tersebut tidak bisa dipelajari hanya dengan sehari dua hari saja, tidak dengan menggunakan google sites ini.

Menggunakan Google Sites, seseorang siapapun itu walaupun tidak memiliki pengalaman di bidang pemrograman bisa membuat website dengan cepat secara instan baik seorang yang awam sekalipun.

Kegunaan Google Sites Apa Saja?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Google Sites memang memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Nah, berikut ini beberapa manfaat atau kegunaan dari Google Sites.

  • Dapat dimanfaatkan untuk sebuah perusahaan untuk membuat website yang dapat memberikan informasi penting seperti profile perusahaan, informasi kontak, dan sejenisnya.

  • Dalam dunia pendidikan dapat dimanfaatkan untuk para pengajar sebagai media pengumuman, penyimpanan awan materi pembelajaran termasuk silabus, dapat dengan mudah memberikan tugas pada peserta didik dan juga memantau tugas mereka.

  • Bisa dimanfaatkan untuk membuat portfolio seperti menampilkan skill yang dimiliki beserta pencapaiannya baik berupa foto maupun video yang bisa dibagikan dengan mudah.

Cara Menggunakan Google Sites

Agar lebih mudah dipahami, berikut ini pengaplikasian google sites untuk membuat suatu website.

1. Login ke Akun Google

Untuk menggunakan layanan google apapun itu termasuk google sites ini memang diharuskan untuk membuat akun google terlebih dahulu. Namun jika sudah memiliki akun google bisa langsung login saja menggunakan akun tersebut.

2. Menuju Halaman Google Sites

Untuk menggunakan google sites ini silahkan langsung kunjungi halaman websitenya melalui link https://sites.google.com. Bisa juga dengan memilih menu google sites yang terdapat pada Google apps.

3. Buat Lembar Baru

Setelah masuk menuju halaman google sites pilih ikon “+” untuk membuat halaman website baru atau bisa menggunakan template google sites yang sudah disediakan oleh pihak google.

4. Mulai Membuat Website

Selanjutnya, setelah membuat halaman baru pengguna akan langsung diarahkan ke halaman website yang ingin dibuat. Custom website tersebut sesuai dengan selera dan keinginan dan isi data sesuai yang dibutuhkan.

Misalnya seperti berikan nama website, tampilkan logo yang ingin dipakai, dan lainnya yang mungkin penting untuk ditampilkan ke dalam website tersebut.

Sekarang ini memang sudah tidak ada hal yang sulit lagi untuk menggunakan teknologi informasi yang sudah dikembangkan agar mudah dipakai untuk para pengguna.

Salah satunya adalah untuk membuat website yang mana sudah tidak perlu lagi belajar bahasa pemrograman yang rumit. Karena kegunaan Google Sites ini diciptakan adalah memang untuk memudahkan dalam pembuatan website dengan instan dan tidak rumit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top