Cara Aktifkan Google Authenticator, Ini Detailnya

cara aktifkan google authenticator

Cara aktifkan google authenticator akan membantu para pengguna ponsel untuk mengamankan ponselnya dari jangkauan orang yang tidak diinginkan atau hacker.

Pada zaman sekarang marak terjadi penipuan di dunia maya. Hal tersebut terjadi karena mudahnya para peretas mengincar data pribadi pengguna.

Oleh karena itu google mengeluarkan aplikasi Google Authenticator untuk membantu melindungi data pribadi pengguna.

Langkah Cara Aktifkan Fitur Verifikasi Dua Langkah Pada Akun Google

Untuk mengaktifkan google authenticator, pengguna harus mengaktifkan dulu fitur “verifikasi dua langkah” pada akun google pengguna. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Login akun google di smartphone dengan memasukkan email dan password yang benar.

  • Lalu pilihlah menu “Security/Keamanan”. Menu ini akan nampak di bagian paling kanan jika pengguna login dengan komputer PC. Sementara jika pengguna login dengan menggunakan ponsel, menu tersebut akan nampak di bagian menu bar atas.

  • Pilih “Signing in to Google/Login ke Google. Pilihan tersebut dapat ditemukan dengan cara scrolling ke bawah.

  • Setelah itu pilih “2-step verification/verifikasi 2 langkah” lalu klik tombol “Mulai”.

  • Masukkan password akun google pengguna.

  • Kemudian klik perangkat yang digunakan.

  • Setelah itu kemudian klik “Lanjutkan”.

  • Kemudian nanti akan ada instruksi yang wajib diikuti sampai fitur verifikasi dua langkah sudah dipastikan aktif.

Langkah Cara Aktifkan Google Authenticator

Nah jika fitur verifikasi dua langkah sudah diaktifkan dengan acara yang sudah dijelaskan diatas, maka pengguna baru bisa mengaktifkan google authenticator. 

Sebelum mengaktifkan google authenticator, pengguna diharuskan untuk mendownload dulu aplikasinya. Berikut penjelasan langkahnya dari mulai mendownload sampai mengaktifkan google authenticator:

  • Aplikasi ini dapat diinstal baik di smartphone Android maupun iPhone. Untuk android tentu bisa mendapatkannya di Play Store. Sementara untuk iPhone bisa mendownloadnya di App Store.

  • Setelah proses download dan instal sukses, jalankan aplikasi tersebut pada smartphone pengguna.

  • Pilih salah satu opsi yang akan muncul di bagian bawah layar smartphone yaitu pilihan “Scan Barcode” atau “Manual Entry”.

  • Jika memilih opsi “Scan Barcode” maka pengguna harus pastikan dulu sudah memiliki aplikasi pemindai QR Code. Itu nanti akan digunakan untuk memverifikasi koneksi google authenticator dengan akun pengguna di komputer.

  • Namun jika pengguna memilih opsi “Manual Entry”, nanti akan ada kode 16 digit angka yang dikirim oleh google ke email pengguna. Nah 16 digit angka itulah yang harus dimasukkan untuk menyelesaikan proses verifikasi.

  • Setelah itu aktifkan “Time Based”. Proses ini berguna untuk memastikan kode yang dimasukkan sesuai dengan pembuatan kode password terbaru authenticator.

Nah setelah semuaalngakh tersebut selesai, kini pengguna sudah bisa mengaktifkan google authenticator pada aplikasi yang ingin diamankan.

Misalnya pengguna ingin mengamankan aplikasi Instagram. Langkahnya tinggal masuk ke aplikasi Instagram kemudian cari opsi Security / Keamanan. Pilih “Two-factor authentication kemudian aktifkan pilihan Authentication App. 

Nah jika sudah begitu, setiap kali pengguna akan masuk Instagram, nanti pengguna akan diwajibkan untuk memasukkan kode verifikasi 6 digit dari aplikasi tersebut. Hal ini juga berlaku bagi aplikasi lainnya yang terhubung dengan akun google authenticator.

Kegunaan Google Authenticator

Kegunaan google authenticator sudah jelas yakni untuk melindungi data pribadi para pengguna. 

Apalagi dalam aplikasi media sosial biasanya akan terekam data pribadi. Itulah yang menjadi incaran para oknum tidak bertanggung jawab.

Jadi cara aktifkan google authenticator yang sudah dijelaskan diatas perlu dipertimbangkan untuk diikuti demi keamanan data pribadi pengguna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top