Cara Tepat Untuk Menghapus File yang Tidak Bisa dihapus di Laptop

menghapus file yang tidak bisa dihapus

Umumnya penghapusan file dapat dilakukan dengan mudah. Akan tetapi kemungkinan file yang ingin dihapus tidak bisa dihapus meski sudah dilakukan berulang kali. Masalah menghapus file yang tidak bisa dihapus ini membuat jengkel para pengguna laptop.

Hal ini biasanya terjadi karena file masih dijalankan, memiliki permission yang kuat atau terkena virus. Perlu cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam ulasan berikut ini akan dijelaskan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Melalui Command Prompt (CMD)

Suatu file dapat dihapus melalui Command Prompt dengan memasukkan suatu perintah. Adapun langkah penghapusan file melalui CMD adalah sebagai berikut:

  • Buka fitur ‘Command Prompt’ dengan klik ‘Start Menu’, lalu ketikkan ‘Command Prompt’ atau ‘CMD’ pada kolom pencarian.

  • Tampilan CMD muncul, lalu masukkan suatu perintah: DELC:usersnama devicelokasi filenama file. Setelah itu, tekan Enter.

  • Apabila perintah yang dimasukkan sudah benar maka file akan terhapus permanen. 

  • Pastikan file sudah terhapus atau belum dengan membuka kembali lokasi file tersebut.

2. Melalui Safe Mode

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu melalui Safe Mode. Melalui fitur ini file yang terkunci dapat terbuka dan dihapus.

  • Klik Start Menu untuk masuk ke fitur Safe Mode. Selanjutnya pilih menu Settings, klik Update & Security dan Recovery. Klik Restart Now pada bagian Advance Startup untuk pemulihan Windows.

  • Pilih opsi Troubleshoot dan Advanced options, lalu klik Startup Settings.

  • Selanjutnya tekan tombol F8 atau F5 maka Safe Mode Windows telah aktif.

  • Carilah lokasi file yang ingin dihapus dan klik ‘delete’. Setelah berhasil dihapus, segera kembali ke mode normal dengan restart ulang laptop.

3. Melalui Force Deleted (Shift + Delete)

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus yaitu dengan menekan tombol Shift + Deleted pada lokasi file. Melalui cara ini file yang dihapus akan terhapus permanen, tidak masuk Recycle Bin.

4. Menghentikan Program File yang sedang Running atau Berjalan

Berikut ini adalah langkah untuk menghentikan program yang masih berjalan di latar belakang hingga menyebabkan file tidak bisa dihapus:

  • Pergi ke menu ‘Task Manager’ dengan klik ‘Start Menu’ dan ketikkan ‘Task Manager’, lalu tekan enter.

  • Tampilan program yang hendak dihentikan akan muncul pada tab ‘Application’. Carilah program yang sedang menjalankan file tersebut, lalu klik ‘End Task’.

  • Kembalilah ke lokasi file yang ingin dihapus, cobalah untuk menghapus ulang tersebut, maka file akan terhapus.

5. Melalui aplikasi ketiga Software Unlocker

Alternatif lainnya dengan menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu Unlocker. Cara ini termasuk cara ampuh karena file yang susah dihapus dapat dengan mudah terhapus. Langkah-langkah penghapusan file dengan software ini diantaranya yaitu:

  • Unduh dan pasanglah software Unlocker di Laptop.

  • Buka software Unlocker yang telah terinstall, lalu pilih direktori file yang tidak dihapus.

  • Pilih opsi ‘Delete’, lalu klik ‘OK’. Jika berhasil akan muncul tampilan ‘The Object was Deleted’. Lalu, pilih ‘OK’ untuk mengakhiri proses.

Itulah penjabaran mengenai penyebab dan berbagai cara untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus. Ikuti berbagai cara yang telah dijelaskan diatas mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu. Jika hasilnya masih belum berhasil, maka cobalah cara lain sehingga file bisa terhapus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top