Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Sebagai Salah Satu Pilihan Software Web Browser

Pada tahun 1999, Internet Explorer muncul sebagai pilihan utama bagi pengguna internet karena popularitasnya yang meningkat seiring dengan berkembangnya jaringan internet. Meskipun telah lama beredar, kelebihan dan kekurangan Internet Explorer masih belum banyak diketahui oleh pengguna. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa web browser ini secara default sudah terpasang pada sistem operasi Windows.

Walaupun telah berusia cukup lama, Internet Explorer tetap menjadi pilihan yang relevan bagi sebagian besar pengguna. Daya tarik yang dimilikinya tidak tergantikan oleh aplikasi serupa. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Internet Explorer.

Kelebihan Internet Explorer

Di tengah munculnya berbagai web browser baru dengan fitur-fitur yang mengagumkan, Internet Explorer tidak sepenuhnya ditinggalkan oleh para pengguna. Keberlanjutan penggunaan ini dipengaruhi oleh sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh web browser tersebut. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa keunggulan Internet Explorer yang perlu diperhatikan:

  • Web browser ini merupakan aplikasi yang sudah terpasang secara default di OS Windows. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu repot-repot menginstal Internet Explorer untuk dapat menggunakannya.
  • Sebagai web browser yang telah eksis dalam waktu yang cukup lama, Internet Explorer dikenal luas di kalangan pengguna internet. Versi 8 dan 9 dari Internet Explorer telah mengadopsi antarmuka yang mudah dipahami dan menarik. Ini membantah anggapan bahwa Internet Explorer memiliki antarmuka yang kurang baik.
  • Dengan menyediakan beragam fitur add ons dan dukungan mekanisme pembaruan yang efektif, Internet Explorer memungkinkan pengguna untuk dengan bebas menambahkan add ons dan meningkatkan kinerja web browser sesuai kebutuhan.
  • Ada banyak fitur yang dapat memfasilitasi pengguna dan meningkatkan kenyamanan saat berselancar di internet. Selain itu, pengguna juga dapat mematikan fitur yang tidak diperlukan, meningkatkan fleksibilitas penggunaan.
  • Internet Explorer sangat cocok bagi pengguna Live Mail, karena dapat menghubungkan bookmark secara langsung dengan domain Microsoft.
  • Selain itu, Internet Explorer juga tersedia dalam versi ponsel, menjadi web browser bawaan pada ponsel dengan sistem operasi Windows. Namun, pada ponsel Android, Internet Explorer dapat diunduh dan digunakan sebagai web browser tambahan.
  • Internet Explorer adalah web browser gratis, sehingga pengguna dapat menikmati semua fitur canggih tanpa perlu membayar.
  • Dengan fitur pendukung yang memadai, Internet Explorer memudahkan pengguna untuk mengakses file JavaScript dan HTML serta sejenisnya.

Kekurangan Internet Explorer

Setiap aplikasi pasti ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing dalam penggunaannya, begitu juga pada Internet Explorer. Oleh karena itu, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan Internet Explorer sebelum mengambil keputusan untuk menggunakannya.

Dengan memahami hal tersebut dari web browser ini, pemakaian Internet Explorer dapat lebih maksimal. Adapun untuk kekurangan Internet Explorer diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Beberapa script, terutama CSS, tidak mendapat dukungan yang memadai dan kurang responsif. Ini menjadi perhatian karena script CSS umumnya digunakan di seluruh web.
  • Internet Explorer, sebagai browser buatan Microsoft, memiliki tampilan khas dengan banyak menu dan toolbar. Namun, bagi sebagian pengguna, tampilan tersebut dianggap rumit dan membosankan karena jumlah tombolnya yang banyak untuk sebuah browser web.
  • Penggunaan Internet Explorer membutuhkan sumber daya yang cukup besar, sehingga kinerjanya cenderung lambat meskipun digunakan dengan koneksi internet yang stabil.
  • Proses membuka aplikasi dan tab baru memerlukan waktu yang lebih lama karena browser ini mengkonsumsi banyak sumber daya.

Demikianlah penjelasan serta uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Internet Explorer. Walau dikategorikan sebagai web browser yang membutuhkan sumber daya besar, Internet Explorer menyimpan beragam fitur menarik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Perlu diketahui bahwa saat ini, Internet Explorer telah beralih nama menjadi Microsoft Edge, yang diharapkan dapat memberikan kinerja yang lebih unggul.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top