Cara Menggunakan Speaker Bluetooth di HP Android dan di Laptop

cara menggunakan speaker bluetooth

Cara menggunakan speaker bluetooth sebenarnya bisa dibilang sangat mudah. Tapi mungkin masih banyak pengguna yang belum tahu karena masih belum terbiasa. Selama ini yang terbiasa adalah dengan mencolokkan kabel jack 3,5 mm ke hp ataupun ke device lain. Nah pada speaker bluetooth karena tidak ada kabel, banyak pengguna jadi bingung. 

Menikmati alunan musik melalui speaker memberikan pengalaman yang lebih memikat karena suara yang dihasilkan menjadi lebih menggema. Saat ini, pasar dipenuhi dengan beragam pilihan speaker bluetooth yang patut untuk dijajal. Untuk memudahkan penggunaan, berikut adalah panduan sederhana dalam memanfaatkan speaker bluetooth dengan optimal:

Cara Menggunakan Speaker Bluetooth dengan HP Android

Agar speaker bluetooth dapat berfungsi optimal, dibutuhkan bantuan perangkat tambahan, yakni ponsel Android. Untuk mengaktifkan dan menggunakan speaker bluetooth, langkah-langkah berikut dapat diikuti dengan mudah:

  • Nyalakan speaker bluetooth dengan menggeser tombol power ke posisi ON. Pastikan lampu LED pada speaker berkedip, menunjukkan bahwa perangkat sudah aktif dan siap digunakan.

  • Aktifkan mode Bluetooth pada speaker dengan menekan tombol Bluetooth atau tombol Play untuk mengaktifkan fungsi bluetooth pada perangkat.

  • Buka pengaturan (setting) pada HP Android pengguna. Akses menu Bluetooth dan aktifkan fungsi Bluetooth dengan menekan tombol ON.

  • Lakukan proses scanning untuk menemukan speaker bluetooth yang aktif. Pada daftar perangkat yang muncul, pilih nama speaker bluetooth dan lakukan proses koneksi.

  • Buka aplikasi musik pada HP, misalnya YouTube, dan cari lagu yang ingin diputar. Pilih lagu sesuai preferensi pengguna.

  • Setelah lagu dipilih, pastikan suara keluar dari speaker bluetooth. Ini menandakan bahwa proses koneksi berhasil dan speaker siap memutar lagu dengan kualitas suara yang jernih.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pengguna dapat dengan mudah menggunakan speaker bluetooth untuk menikmati musik favorit pengguna tanpa perlu bantuan pihak lain.

Cara Menggunakan Speaker Bluetooth dengan Laptop

Mengoperasikan speaker Bluetooth membawa kemudahan karena tidak melibatkan kerumitan kabel. Menghubungkan speaker Bluetooth ke laptop pun tidaklah rumit. Untuk memahami langkah-langkahnya, berikut ini panduan yang dapat diikuti:

  • Ambil speaker Bluetooth yang hendak digunakan, lalu tekan tombol ON pada perangkat tersebut. Pastikan bahwa LED pada speaker menyala, menandakan bahwa speaker dalam keadaan aktif.

  • Tekan tombol Bluetooth pada speaker untuk mengaktifkan fungsi Bluetooth ketika sudah terhubung dengan laptop.

  • Buka laptop dan atur pengaturan dengan membuka menu Bluetooth & other devices melalui menu device.

  • Pilih ikon Add Bluetooth tanpa tambahan tanda plus untuk mencari perangkat speaker yang akan dihubungkan ke laptop.

  • Laptop akan melakukan scanning untuk menemukan perangkat speaker Bluetooth. Jika sebelumnya sudah terhubung, biasanya akan tersimpan secara otomatis, dan scanning tidak diperlukan.

  • Klik perangkat speaker Bluetooth yang terdeteksi untuk menghubungkannya dengan laptop.

  • Beralih ke penyimpanan musik di laptop.

  • Pilih musik yang ingin dinikmati, dan putar untuk memastikan bahwa koneksi telah berhasil.

  • Jika speaker Bluetooth menghasilkan suara, berarti langkah-langkah yang diambil berhasil, dan pengguna dapat langsung menikmati musik tanpa kendala.

Itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan speaker bluetooth. Proses tersebut tidak memerlukan keahlian khusus dan dapat dilakukan dengan mudah. 

Pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya dengan teliti mulai dari awal hingga selesai untuk menikmati pengalaman mendengarkan musik yang memuaskan. Jadi dengan adanya speaker bluetooth pengguna sudah tidak perlu lagi kabel. Selain itu ketika menyetel musik bisa dikontrol dari jarak jauh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top