Solusi Saat Metode Pembayaran Google Play Ditolak oleh Sistem

metode pembayaran google play ditolak

Saat ingin berlangganan atau membeli item di Google Play, maka proses pembayarannya bisa dilakukan dengan berbagai metode. Namun bagaimana jika prosesnya ditolak? Apabila metode pembayaran Google Play ditolak, maka ada beberapa tahap penyelesaian.

Setidaknya ada lima solusi utama yang bisa diikuti. Agar lebih mudah dipahami, maka setiap solusinya akan dipaparkan satu per satu secara menyeluruh. Untuk mengetahui penjelasan detailnya, maka lihat daftar berikut ini:

1. Restart HP

Solusi paling mudah untuk dijalankan adalah dengan merestart HP yang dipakai. Terkadang, permasalahan penolakan ini bisa muncul karena HP yang lambat. Penyebabnya adalah banyak sistem yang berjalan secara bersamaan.

Oleh karenanya, proses yang bisa dilakukan paling dasar adalah dengan merestart HP. Saat pembayaran ditolak, maka langsung lakukan proses restart dan tunggu sampai HP dihidupkan kembali oleh sistem.

Kemudian coba lagi membayar Google Play dengan metode yang sama. Jika sudah bisa, maka solusi ini sudah bisa menyelesaikan masalah. Namun jika masih ditolak, maka coba untuk menjalankan tahapan solusi yang kedua.

2. Perbaiki Masalah Profil Pembayaran

Penyebab penolakan pembayaran lainnya adalah ada masalah di profil pembayaran. Jika hal ini menjadi masalah utamanya, maka proses perbaikan harus segera dilakukan. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Periksa dulu bagian alamat penagihan pada setelan.

  • Pastikan alamat untuk penagihan pembayaran sesuai dengan yang ada di pembayaran Google.

  • Apabila berbeda, segera lakukan pengisian ulang dan sesuaikan antara keduanya.

  • Pencet tombol “Simpan” agar sistem mencatat alamat yang baru.

Apabila proses perbaikan tersebut sudah dilakukan, maka proses pembayaran bisa dicoba kembali. Jika hal ini merupakan kendala yang membatasi, maka proses pembayaran bisa diselesaikan dan tidak akan menimbulkan masalah baru.

3. Ganti Kartu SIM

Solusi untuk metode pembayaran Google Play ditolak selanjutnya adalah dengan mengganti kartu SIM. Jika pembayarannya dilakukan dengan pulsa, maka kendala ini sering terjadi sehingga kegagalan ditemukan dalam prosesnya.

Perlu diketahui bahwa sistem hanya akan membaca proses pembayaran pulsa dari SIM 1. Jadi jika pulsa yang akan dipakai untuk membayar ada di SIM 2, maka segera pindah ke SIM 1. Kemudian lakukan pembayaran ulang.

Sistem tidak akan menolak jika kartu SIM tujuan sudah terbaca. Pastikan pulsa yang ada di dalamnya masih tersisa sesuai nominal pembayaran. Jika kurang, maka penolakan akan kembali terjadi dan menghalangi proses pembayaran.

4. Cek Kartu Debit/Kredit Beserta Isinya

Lalu jika pembayarannya dilakukan dengan debit/kredit, maka harus dilakukan pengecekan. Biasanya, pembayaran debit.kredit ditolak karena kartu sudah melewati batas waktu. Hal ini akan menyebabkan penolakan pembayaran.

Jika sudah melewati batas waktu, maka kartu harus diperpanjang terlebih dahulu. Coba cek juga limit atau nominal yang ada di debit/kredit. Jika tidak mencukupi, maka sistem akan menolak pembayaran sehingga harus segera diisi.

5. Ganti Metode Pembayaran

Saat semua solusi tersebut tidak membuahkan hasil, maka pengguna bisa segera mengganti metode pembayaran. Cara ini akan memberikan efisiensi waktu daripada mencoba untuk fokus pada satu tahapan penyelesaian saja.

Pilihan metode pembayaran di Google Play ada banyak. Mulai dari pulsa, debit/kredit, Dana, dan beberapa pilihan dompet digital lainnya. Sesuaikan saja dengan kenyamanan dan lakukan pembayaran sesuai dengan prosedurnya.

Semua solusi dari masalah metode pembayaran Google Play ditolak tersebut bisa dijadikan acuan. Jalankan saja tahapannya dari yang paling awal. Jika tidak berhasil, maka coba solusi kedua dan seterusnya sampai berhasil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top