Cara Melihat Google Maps 3D Tanpa Aplikasi Tambahan dan Dengan Aplikasi Google Earth

cara melihat google maps 3d

Cara melihat google maps 3D bisa dilakukan untuk lebih mempermudah pengguna dalam mendapatkan arahan ke suatu tempat yang akan dituju. Selain itu dengan fitur 3D tentu peta akan terlihat lebih jelas sehingga pengguna juga akan lebih dimudahkan untuk mengikutinya.

Seperti yang diketahui bahwa Google Maps adalah aplikasi yang paling populer dalam hal navigasi. Banyak yang menggunakan aplikasi ini terutama para pengguna ponsel atau smartphone dengan sistem operasi android. 

Nah aplikasi google maps ini dapat memberikan arahan yang cukup akurat bagi penggunanya untuk menuju ke suatu titik lokasi. Bahkan google maps juga bisa memberikan rute alternatif yang lebih cepat agar pengguna bisa lebih cepat sampai di suatu lokasi.

Sayangnya tampilan default dari google maps ini bersifat konvensional dan terkadang terasa membosankan. Nah agar tidak membosankan pengguna bisa mengubah tampilan google maps menjadi 3D. Ini juga akan lebih membantu pengguna untuk menemukan sebuah titik lokasi yang dituju.

Cara Melihat Google Maps 3D Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk melihat google maps dengan tampilan 3D sebenarnya sudah bisa pengguna lakukan pada aplikasi google maps tanpa menginstal aplikasi tambahan lagi. Hal itu dikarenakan pada aplikasi google maps, sudah disediakan fitur kamera 360.

Kamera 360 ini akan membantu pengguna untuk bisa melihat suatu titik tempat secara 360 derajat. Disini fitur yang digunakan adalah fitur Street View. Untuk langkahnya akan dirincikan berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Maps yang biasanya secara default sudah terinstal di ponsel android.

  • Lihat di sisi kanan atas akan ada ikon berbentuk block tumpuk atau jajar genjang. Tap ikon tersebut.

  • Pilih menu Street View.

  • Kemudian peta akan tertampil jalannya berwarna biru,

  • Tap pada jalan berwarna biru tersebut dan akan tertampil foto / gambar jalan tersebut secara real. 

  • Pengguna bisa menggeser-gesernya 360 derajat untuk melihat lokasi tersebut.

Cara Melihat Google Maps 3D Dengan Aplikasi

Pengguna juga bisa melihat tampilan 3D pada google maps dengan menggunakan aplikasi tambahan. Disini aplikasi tambahan yang dimaksud adalah Google Earth. Langkahnya tentu sangat mudah untuk menggunakan aplikasi ini.

Namun aplikasi ini perlu didownload dulu. Berbeda dengan Google Maps, biasanya aplikasi Google Earth belum terinstal secara default pada perangkat android. Aplikasi ini pastinya bisa didapat di play store secara cuma-cuma. 

Sementara langkah untuk menggunakan aplikasi Google Earth rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Earth yang telah terinstal.

  • Di sebelah sudut kiri atas tap ikon kaca pembesar untuk mencari lokasi yang ingin dilihat.

  • Klik pilihan 3D yang ada di kanan bawah.

  • Setelah itu akan tertampil pencitraan peta dalam bentuk 3D.

  • Untuk melihat tempat yang dituju secara real, pengguna bisa melakukan zoom pada layar smartphone.

  • Atau bisa juga pengguna memanfaatkan fitur My Location dan tinggal tap ikon biru yang menunjukkan lokasi pengguna.

  • Dan lokasi tersebut akan otomatis tertampil 3D seperti aslinya. Pengguna bisa juga menggeser-geser arahnya untuk melihat tempat-tempat di sekitarnya.

Jadi itulah penjelasan tentang bagaimana cara melihat google maps 3D. Dengan tampilan 3D pengguna akan lebih mudah untuk menuju ke suatu titik lokasi.

Selain itu dengan fitur 3D ini juga bisa digunakan untuk jalan-jalan virtual. Pengguna bisa melihat tempat apapun di dunia ini hanya dengan smartphone / PC dan laptop.

Jadi jika belum berkesempatan keliling dunia, setidaknya bisa keliling dunia secara virtual dulu dengan menggunakan fitur tampilan 3D pada aplikasi google maps ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top