Cara Login dan Membuat Akun Gmail Baru yang Mudah Ditiru

membuat akun gmail baru

Seseorang yang baru saja membeli smartphone pasti mau tidak mau harus mengetahui bagaimana cara membuat akun gmail baru. Pasalnya, smartphone yang baru saja dibeli setelah dihidupkan pasti penggunanya harus melakukan registrasi dan setting perangkat terlebih dahulu.

Hal ini juga dikhususkan untuk seseorang yang membeli smartphone tersebut melalui online store. Karena mungkin kalau membeli di counter HP akan dibantu oleh para karyawannya, namun tidak begitu jika membeli secara online.

Maka dari itu, artikel ini akan memberikan informasi bagaimana cara membuat akun google mail yang baru beserta dengan cara masuk ke akun tersebut. Ikuti langkah langkah membuat akun tersebut berikut ini.

Jenis Akun Gmail

Akun gmail belum lama ini membagi jenis akun tersebut menjadi 2 jenis. Jenis akun tersebut meliputi akun gmail untuk pribadi dan akun gmail untuk mengelola bisnis.

Tentu menurut jenisnya kedua akun tersebut memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Selain itu akun google bisnis akan memberikan domain untuk bisnis secara gratis dan juga dapat memberi banyak keuntungan dalam hal marketing.

Namun terlepas dari jenis akun yang mana yang ingin dibuat, masing-masing jenis akun tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Cara Membuat Akun Gmail Baru

Untuk beberapa orang mungkin akan sedikit asing dengan cara untuk membuat akun google mail ini. Namun jika mengikuti langkah langkah berikut ini dengan seksama, ternyata caranya tidak begitu sulit dan mudah untuk dipraktekkan.

Selain itu, membuat akun tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara melalui perangkat yang berbeda. Berikut ini selengkapnya mengenai langkah-langkah tersebut.

1. Melalui Smartphone

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, membuat akun google mail ini bisa dilakukan juga melalui smartphone baik android maupun iphone. Berikut ini cara untuk membuatnya.

  • Buka aplikasi gmail pada smartphone

  • Pilih create an account atau buat akun. (Dalam aplikasi gmail ini, pengguna dapat membuat akun email selain google seperti outlook, hotmail, yahoo, dan lainnya.) Pilih google karena akan membuat akun gmail.

  • Tunggu sampai muncul halaman login, namun jika ingin membuat akun baru klik “Create Account” pada bagian kiri bawah layar.

  • Silahkan pilih jenis akun yang ingin dibuat, untuk akun pribadi atau akun pekerjaan atau bisnis.

  • Untuk akun pribadi, pertama masukkan nama pada dua textbox yang wajib diisi pada halaman tersebut lalu klik next.

  • Masukkan tanggal lahir dan juga gender selanjutnya klik next.

  • Buat nama untuk akun gmail nanti, pastikan untuk membuat nama yang pas dan benar karena nama akun gmail tidak bisa diganti jika sudah terdaftar.

  • Selanjutnya buat kata sandi yang akan digunakan sebagai verifikasi saat masuk akun gmail nanti, klik next.

  • Klik Yes, I’m in pada halaman add phone number dan klik next lagi yang selanjutnya akan ditampilkan halaman nama akun gmail.

  • Pada halaman selanjutnya baca privacy and terms lalu klik “I agree”, tunggu proses selesai dan akun siap digunakan.

  • Untuk akun bisnis, caranya hampir sama dengan membuat akun gmail pribadi masukkan nama dilanjutkan dengan tanggal lahir, lalu buat juga nama untuk akun gmail nanti dan password yang akan digunakan.

  • Selanjutnya setelah menunggu proses selesai, masukkan nomor telepon yang masih aktif dan ikuti instruksi yang terdapat pada aplikasi tersebut sampai akun selesai dibuat.

2. Melalui Website

Untuk membuat akun google mail melalui website ini juga sebenarnya hampir sama langkah yang harus dilakukan. Langsung saja simak langkahnya berikut ini.

  • Buat akun gmail baru dengan kunjungi alamat https://www.google.com/gmail lalu create an account dimana pilih jenis akun yang ingin dibuat, pribadi atau bisnis.

  • Isilah form pendaftaran sesuai dengan informasi yang diminta. Pilihlah jenis akun yang ingin dibuat, yaitu akun pribadi atau bisnis.

  • Mengisi nama depan dan nama belakang lalu nama pengguna untuk gmail nanti lalu password dan nomor telepon. Pengguna juga akan disarankan untuk menginput email alternatif jika memang ada untuk keamanan nanti.

  • Saat mengisi nama pengguna untuk gmail biasanya akan diberikan beberapa saran untuk nama pengguna nanti atau jika nama yang akan dipakai masih unik dan belum ada yang memakai nama tersebut bisa dipakai.

  • Verifikasi data dengan mengirimkan kode ke nomor yang dimasukkan melalui telepon atau sms.

  • Setujui persyaratan pada halaman selanjutnya dan selesai sudah pembuatan akun baru gmail.

Itulah cara membuat akun gmail baru yang dapat diikuti sehingga dapat dengan mudah tanpa adanya kendala. Semoga bermanfaat dan segera dapat menggunakan akun gmail tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top