Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan tanpa Menghapus Aplikasi di HP OPPO dengan Mudah

cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di hp oppo

Pengguna smartphone OPPO sering dipusingkan ruang penyimpanan semakin sedikit. Sehingga, banyak pencarian tentang cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP OPPO. Jika mengetahui caranya, tidak akan membawa ketakutan aplikasi ikut terhapus saat pembersihan ruang penyimpanan. 

Pemakaian secara berlebihan pada telepon seluler OPPO menyebabkan ruang penyimpanan menjadi sedikit. Hal tersebut dapat mengakibatkan performa telepon seluler menurun. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan cepat, mudah dan efektif, berikut ini adalah ulasan lengkapnya:

1. Menghapus File Cache pada HP OPPO

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP OPPO di mesin pencari seperti Google yang  pertama menggunakan fitur ‘Clean up Storage’ yang dapat membersihkan sampah seperti file tersembunyi, cookie, dan cache dengan cepat. Berikut adalah cara penggunaannya:

  • Tipe OPPO ColorOS 0 ke atas > masuk kedalam menumanajer telepon > lalu bersihkan penyimpanan dan klik bersihkan.

  • Pada tipeOPPO ColorOS 3.2 > masuk ke dalam menu manajer telepon > kemudian pilih menu bertuliskan bersihkan danpercepat> kemudianfile dapat dib

  • TipeOPPO ColorOS 3.0 dan1 > masuk kefile > pilih clean atau bersihkan > lakukan pembersihan.

  • Pada tipeOPPO ColorOS 2.1 dan tipe – tipe sebelumnya > masuk menuju menufile > kemudian pilih pilihan category > klik pilihan cleanup > selanjutnya tunggu hingga proses tersebut

2. Membersihkan Data Aplikasi yang Tidak Terpakai

Membersihkan data yang tidak terpakai dapat menjadi solusi selanjutnya. Banyak data aplikasi yang sudah tidak terpakai atau digunakan akan menumpuk menjadi di ruang penyimpanan, sehingga data tersebut perlu dihapus. Berikut ini cara penggunaannya:

  • Pilih Semua cache data dari aplikasi > pilih aplikasi yang masih mengandung data cache > cache kemudian dapat dih Semua data yang dipilih akan terhapus dan tidak dapat dibatalkan atau dikembalikan.

  • Pada tipe OPPO ColorOS 11 hingga tipe diatasnya > Masuk ke dalammenu pengaturan > pilihmenu manajemen aplikasi>lalu akan diarahkan ke daftar aplikasi > pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya > pilih penggunaan penyimpanan > lalu klik pilihan hapus cache.

3. Membersihkan File yang Tidak Diperlukan

Solusi terakhir, dengan memilih file foto, audio, video, dan dokumen di ruang penyimpanan yang berasal dari beberapa aplikasi seperti WhatsApp, file installer APK, unduhan video Youtube, dan folder DCIM yang sudah tidak diperlukan untuk dihapus.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP OPPO yang terakhir ini cukup mudah dan cepat. Namun, data yang sudah terhapus nantinya tidak dapat dikembalikan lagi, sehingga pastikan file sudah tidak digunakan. Berikut tutorialnya:

  • Pada tipe ColorOS 11 dan tipe diatasnya >buka menu“Manajer Telepon” > masuk ke dalam sistem lalu klik menu“Bersihkan” > tunggu hingga proses selesai.

  • Pilih file yang ingin dihapus > pilih file mana yang ingin dibersihkan > lalu klik “Hapus” dan file yang dipilih tersebut akan terhapus.

  • Selanjutnya klik pilihan hapus kembali, nantinya akan ada pemberitahuan yang diharuskan pemakaian sidik jari atau pilihan privasi lainnya untuk menyelesaikan pembersihan ruang penyimpanan > apabila sudah proses dapat ditunggu hingga selesai.

Itulah beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP OPPO dengan mudah dan cepat. Semua cara diatas dapat digunakan agar penyimpanan lebih optimal, dengan tetap memperhatikan tipe OPPO masing-masing pengguna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top