Ada 5 Cara Cek Saldo Kartu Tol Tanpa Ribet! Simak Ulasan Ini!

cara cek saldo kartu tol

Bagi pengemudi yang sering melewati jalan tol, wajib tahu cara cek saldo kartu tol agar tidak kehabisan di jalan. Cara untuk mengecekknya pun gampang, tidak harus memakai alat khusus. Saat ini, mengecek saldo tol bisa menggunakan HP.

Dahulu, jika ingin memasuki tol, pengemudi membayar secara tunai di pintu masuk tol. Namun, modern ini semakin dipermudah dan diperingkas hanya dengan menyerahkan kartu tol saja. Lalu, bagaimana cara agar tahu sisa saldo kartu tol? Simak berikut!

1. Cek Saldo Kartu Tol Lewat ATM

Bagi para pengguna yang kurang paham cara cek saldo kartu tol dengan memakai NFC. Cara ini akan menjadi alternatif pilihan, yakni mengecek melalui mesin ATM. Pengguna hanya perlu datang ke tempat ATM atau ke Bank.

  • Temui ATM dengan bertuliskan logo e-money atau e-toll.

  • Pencet tombol hijau pada ATM, dan masuk pada menu e-money.

  • Setelah itu pilih menu pilihan, yakni Cek Saldo.

  • Pengguna hanya perlu menempelkan kartu tol pada tempat dengan logo e-money.

  • Kemudian, akan muncul menu informasi saldo, dan pilih menu tersebut.

  • Setelah terproses, secara otomatis mesin akan menunjukkan sisa saldo pada kartu tol pengguna.

2. Cek Saldo Kartu Tol Lewat M-Banking

Jika dirasa dengan mendatangi mesin ATM merupakan cara yang sulit dan merepotkan, pengguna bisa memakai layanan Mobile Banking. Lazimnya terdapat fitur yang berfungsi untuk mengecek sisa saldo e-money atau kartu tol tanpa perlu ke ATM.

Umumnya cara ini banyak digunakan oleh anak muda atau yang paham dengan fitur dari M-Banking. Apalagi pengguna tersebut malas untuk pergi keluar atau memang sedang terdesak, dan sudah ada di tengah jalan, simak langkahnya:

  • Masuk pada situs mobile banking, dan masuk pada akun mobile banking.

  • Kemudian pilih menu Uang Elektronik, dan kemudian pilih “Informasi Saldo.”

  • Nantinya pengguna akan diminta untuk menuliskan nomor seri yang ada pada kartu.

  • Jika sudah, secara otomatis informasi mengenai sisa saldo pun akan tampil.

3. Cek Saldo Lewat Minimarket

Jika masih dirasa cara kedua di atas masih rumit, pengguna bisa melakukan pengecekan di minimarket terdekat. Umumnya, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart memiliki layanan untuk pengecekan saldo kartu tol. Tentu cara ini tidak memerlukan NFC.

Jika melakukan pengecekan di minimarket, pengguna hanya perlu meminta tolong pada kasir untuk melakukan pengecekan. Umumnya, kartu akan dicek menggunakan mesin EDC, sehingga pengguna hanya perlu memberikan kartu saja. Selain itu, bisa juga melakukan pengisian saldo.

4. Cek Saldo Kartu Tol Lewat Aplikasi LinkAja

Pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi uang elektronik, yakni LinkAja untuk mengecek sisa saldo kartu tol. Sebelum itu, pengguna harus memiliki aplikasinya dan juga telah mendaftar akun di LinkAja. Untuk lebih jelas, simak langkahnya!

  • Unduh dan masuk ke aplikasi LinkAja.

  • Temukan menu Kartu Uang Elektronik kemudian pilih.

  • Selanjutnya, akan ada opsi menu, pilih “Cek Saldo.”

  • Jangan lupa, aktifkan fitur NFC pada HP, kemudian letakkan kartu di bagian belakang HP.

  • Otomatis informasi sisa saldo akan muncul.

5. Cek Saldo Kartu Tol dengan Mendatangi Bank

Apabila pengguna memiliki waktu lebih banyak, dan merasa dengan cara ini lebih mudah. Maka, pengguna bisa melakukan pengecekan saldo tol di layanan customer service bank. Adapun bank tersebut haruslah yang memiliki kerja sama dengan penerbitan kartu tol tersebut.

Inilah 5 cara cek saldo kartu tol tanpa ribet. Dari kelima cara di atas, pengguna tinggal memilih mana lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu. Selalu periksa sisa saldo agar tidak kehabisan saat di jalan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top