Apa Penyebab Foto di Galeri Hilang Sendiri? Ternyata Ini Penyebabnya

penyebab foto di galeri hilang sendiri

Foto di galeri yang tiba-tiba hilang sendiri padahal sebelumnya tidak dihapus pasti membuat beberapa orang kesal. Terlebih jika foto yang berkaitan dengan pekerjaan. Apakah penyebab foto di galeri hilang sendiri? Simak di bawah ini!

Ada beberapa penyebab yang menjadi alasan foto di galeri hilang dengan sendirinya walaupun tidak dihapus. Mari simak bersama beberapa penyebab hilangnya foto di galeri dengan sendirinya sebagai berikut ini:

1. Memori Penyimpanan Penuh

Penyebab yang pertama adalah memori penyimpanan yang memenuhi kapasitas. Hal tersebut mengakibatkan tidak tersimpannya foto setelah diambil atau bahkan mengakibatkan foto-foto yang sudah lama tersimpan menjadi hilang.

Ketika memori penyimpanan mencapai batas kapasitasnya, maka kinerja ponsel juga akan menurun. Jadi, apabila telah mencapai batas penyimpanan, akan ada banyak berkas data yang hilang termasuk foto di galeri.

2. File Sampah Menumpuk

File sampah atau biasa disebut cache dapat menjadi masalah cukup berat yang menurunkan keoptimalan kinerja ponsel. Apabila dibiarkan dalam waktu yang lama maka dapat mengakibatkan file penting hilang secara tiba-tiba, termasuk foto pengguna.

Maka dari itu, jangan lupa bersihkan file sampah secara rutin untuk menghindari hilangnya file secara tiba-tiba dan untuk melegakan kapasitas penyimpanan. Dengan membersihkan cache membuat kinerja ponsel lebih optimal.

3. Ponsel Terserang Virus

Tidak hanya pada komputer, penyerangan virus pada ponsel juga sangat mungkin terjadi. Hal tersebut dapat mengakibatkan banyak masalah pada ponsel itu, termasuk foto di galeri yang hilang sendiri tanpa adanya kegiatan penghapusan.

Virus ini dapat muncul ketika melakukan pengunduhan aplikasi lewat sumber yang tidak resmi atau ilegal. Selain itu, virus juga muncul akibat link atau website yang diakses oleh pengguna mengandung virus. Maka harus berhati-hati, ya.

4. Lepas Pasang Kartu Memori

Biasanya, ketika pengguna melakukan transfer ataupun pindah data pasti melepas dan memasang lagi kartu memori yang ada di ponsel. Kegiatan tersebut memungkinan terjadinya kerusakan kartu memori yang tersentuh jari pengguna.

Selain itu, melepaskan kartu memori juga bisa mengakibatkan ponsel terkena virus pada saat pemindahan data. Virus tersebut dapat menghilangkan foto di galeri ponsel pengguna. Jadi disarankan untuk melakukan pemindahan file tanpa melepas kartu memori.

5. Sistem Android yang Tidak Diperbarui

Memperbarui sistem dalam sebuah ponsel Android merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan. Ini bertujuan meningkatkan kinerja sistem Android yang ada di ponsel. Tak sedikit yang kehilangan foto di galeri disebabkan oleh sistem yang kedaluwarsa.

Biasanya, vendor akan selalu melakukan pembaruan pada sistem Android secara berkala untuk menambahkan fitur yang baru. Hal tersebut dapat membuat kinerja ponsel kembali normal dan data-data seperti foto akan tetap aman.

6. Mengunduh Foto atau Video dari Media Sosial

Berhati-hatilah ketika mengunduh dan menyimpan foto atau video dari media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dll. Meskipun kontennya menarik, tetapi belum tentu encode dari data yang diunduh tersebut.

Mungkin saja ada pihak-pihak tak bertanggung jawab yang memasukkan kode bervirus pada foto atau video yang ingin diunduh. Jika virus sampai terunduh, pastinya ini akan menjadi penyebab  foto di galeri hilang sendiri.

7. Encode Tidak Berfungsi

Selain karena encode yang memiliki virus, encode yang tidak berfungsi juga dapat menyebabkan foto di galeri ponsel hilang. Pada masalah satu ini, foto atau file lain yang diunduh dari media sosial tidak bisa terbaca.

Ini dikarenakan encode yang tercantum pada file tidak berfungsi dengan baik, mengakibatkan file rusak dan hilang karena tidak dapat terbaca. Itulah yang menyebabkan file hilang sendiri padahal tidak menghapusnya.

Demikian informasi yang dapat dijelaskan mengenai penyebab foto di galeri hilang sendiri. Untuk mencegah hal itu terjadi, maka pengguna ponsel harus berjaga-jaga dan menghindari penyebab-penyebab di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top